Ditinggal ke Warung, Rumah Sunarto Ludes Dilalap Api

BAYAN, Diduga akibat korsleting listrik, rumah milik Sunarto (55) warga RT 02 RW 02 Desa Besole, Kecamatan Bayan, hangus terbakar, Selasa (4/12) pagi. Api menghanguskan sebagian besar bangunan rumah dan barang berharga. Beruntung tidak ada korban jiwa dan luka dalam kejadian tersebut karena pada saat kejadian rumah dalam kondisi kosong ditinggal penghuninya ke warung. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.
Kasat Pol PP Damkar Purworejo Budi Wibowo, S.Sos melalui Kasi Damkar Sumaji mengatakan, menurut pengakuan pemilik rumah, sekitar pukul 05.00 WIB, usai shalat subuh, Sunarto pergi ke warung kopi, sedangkan Suyono (adiknya) pergi ke ladang.
Sekitar pukul 05.30 WIB Irianto, tetangga korban, melihat api sudah membakar rumah Sunarto. Melihat kejadian itu Irianto kemudian meminta pertolongan warga sekitar untuk memadamkan api yang sudah membakar seluruh isi rumah.
Warga kemudian menghubungi pemadam kebakaran Purworejo. Setelah mendapat laporan kebakaran via telepon pada pukul 06.10 WIB, 1 unit mobil Damkar dipimpin Kasie Damkar Sumaji langsung meluncur ke lokasi kejadian.
Sampai di lokasi pukul 06.30 WIB, api sudah dapat dipadamkan oleh warga sebelum mobil Damkar tiba. Selanjutnya anggota Damkar melakukan proses pendinginan dibantu warga, anggota Polsek, Koramil dan warga hingga selesai pukul 07.00 WIB.

“Luas bangunan yang terbakar 8 X 9 m2, sedang marerial yang terbakar meliputi seluruh perabotan rumah, dokumen dan satu unit sepeda motor Honda Supra X tahun 2010. Kerugian ditaksir sekitar Rp 150 juta,” kata Sumaji.
Sementara Komandan Koramil 02 Bayan Kapten CPL Suyud mengatakan setelah piket Koramil menerima laporan dari warga, pihaknya langsung menuju lokasi kejadian.
“Di duga api bermula dari kabel serabut yang terletak di bagian kamar yang selanjutnya menyambar tumpukan tempat tidur dan satu unit sepeda motor,”jelasnya.
Sementara Sunarto yang dihubungi mengaku masih belum percaya jika rumahnya ludes dilalap si jago merah. Pasalnya pada saat meninggalkan rumah lampu di seluruh bagian rumahnya sudah dimatikan.
“Untuk sementara saya akan tinggal di tempat saudara saya, menunggu dapat rejeki untuk merehab kembali rumah ini. Karena uang sebesar Rp 50 juta dan sepeda motor juga ikut hangus terbakar.” tuturnya.

(W5)

Tinggalkan Balasan