Disuruh Buang Sampah, Dua Napi Kabur dari LP Anak Kutoarjo

KUTOARJO, Dua narapidana (napi) anak binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Kutoarjo Jumat (26/1) sekitar pukul 15.30 WIB kabur dari LP. Kedua napi anak itu, MR (17) warga Dusun Kaluwarak, Kelurahan Kalirejo, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen dan TUN (15) warga Desa Tursino, Kecamatan Kutoarjo. 

Namun,TUN menikmati kebebasan hanya sekejap, karena 15 menit setelah kabur, dia ditangkap kembali di komplek rumah dinas LPKA yang lokasinya tidak  jauh. Sedang rekannya, MR hingga kini masih dalam buron.

Kepala LPKA Kutoarjo, Azwar, Bc.IP SH, MM, melslui Kasi Regritasi dan Kelasifikasi Taufik Nugroho, membenarkan ada dua napi anak yang kabur. Menurutnya, Azwar Bc, IP SH MM kini tengah ikut memburu napi anak yang kabur.

Disebutkan, sebelum kabur kedua napi tersebut mendapat tugas membuang sampah di samping tembok yang lokasinya agak jauh dari petugas, namun masih dalam komplek LPKA.

Setelah beberapa menit keduanya tidak muncul. Seorang petugas kemudian mencari ke lokasi pembuangan sampah. Namun petugas tidak melihat keduanya. Petugas hanya menemukan bekas kaki memanjat di tembok.

Kejadian itu langsung dilaporkan atasannya dan langsung dilakukan pencarian di luar tembok LPKA. Sewaktu melakukan pencarian salah seorang petugas melihat keduanya sedang memanjat genting tidak jauh dari LPKA.

Petugas kemudian berusaha mengejar, namun saat tiba di lokasi hanya menemukan TUN yang berusaha sembunyi di komplek rumah dinas petugas LPKA, sementara MR sudah keburu kabur.

Dijelaskan, MR dan TUN adalah napi anak kasus pencurian. MR diputus hukuman 7 bulan dan TUN 4 bulan. Dari putusan tersebut keduanya baru menjalani satu bulan.

Diungkapkan, diduga penyebab kaburnya kedua napi anak itu karena tinggi tembok terlalu rendah. “Sekitar dua meteran lah, “ucap Taufik.

Menurut Taufik, dengan adanya kejadian tersebut pihak LPKA Kutoarjo langsung membentuk Tim Pencarian yang dipimpin langsung oleh Kepala LPKA Kutoarjo, Azwar, Bc.IP, SH, MM. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *