Disdukcapil Kabupaten Purworejo Berhasil Raih Kembali Sertifikat ISO 9001:2015

PURWOREJO, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purworejo untuk kali kedua memperoleh Sertifikat ISO 9001:2015 dari Badan Sertifikasi Qualyty Registrar System (QSR) Jakarta, setelah diaudit sepanjang hari Jumat (4/10). Tahun 2018 lalu Disdukcapil juga meraih sertifikat serupa dari lembaga yang sama. Penyerahan sertifikat dilakukan secara simbolis oleh auditor QSR, Subandi, kepada Kepala Disdukcapil Dr Akhmad Kasinu, M.Pd, di aula Disdukcapil, Jumat (4/10) sore.
Sebelum menyerahkan sertifikat ISO 9001:2015, Subandi menjelaskan, audit yang dilakukan menggunakan motede sampling, sehingga tidak semua fungsi pelayanan diaudit. Oleh karena itu jika masih ada fungsi pelayanan yang belum sesuai dengan standar ISO agar secepatnya dievaluasi.
“Tetapi secara keseluruhan hasil audit bagus, sehingga Disdukcapil Kabupaten Purworejo layak direkomendasikan untuk memperoleh Sertifikat ISO 9001:3015,”tandas Subandi.
Sementara itu auditor Setio Budi Utomo mengungkapkan sejumlah temuan dalam fungsi pelayanan publik yang perlu disesuaikan dengan standar pelayanan ISO.
“Hal-hal kecil seperti menjawab pengaduan warga lewat jalur hotline harus berstandar ISO, sehingga memberi kepuasan pelanggan,”kata Setio Budi Utomo.
Namun menurut Budi Utomo, secara keseluruhan fungsi pelayanan publik di Disdukcapil Kabupaten Purworejo telah menenuhi standar ISO. Adapun temuan yang bersifat minor agar dibenahi, dan diharapkan pada audit tahun depan sudah tidak ada lagi.
Kepala Disdukcapil Kabupaten Purworejo Dr Akhmad Kasinu, M.Pd mengungkapkan, kegiatan audit eksternal yang dilakukan oleh QSR diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, mempercepat waktu pelayanan dengan hasil akurat.

“Pokoknya setelah meraih Sertifikat ISO 9001:2015, ke depan angka kepuasan pelanggan meningkat. Targetnya, semua pemohon keluar ruang pelayanan dengan tersenyum,”kata Kasinu. (Nas)

Tinggalkan Balasan