Dinperinaker Gelar Pelatihan Keterampilan, 62 Peserta Lulus Uji Kompetensi

PURWOREJO, Pelatihan keterampilan berbasis kompetensi yang diselenggarakan UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Diperinaker) Kabupaten Purworejo ditutup, Senin (9/4). Pelatihan ketrampilan dengan kejuruan operator menjahit pakaian dasar, desain grafis, adminitrasi perkantoran dan yunior teknisi support diikuti 64 peserta.

Kepala Dinas Perinaker Kabupaten Purworejo, Drs Sutrisno, M.Si dalam sambutannya menyebutkan, dari empat kejuruan ketrampilan, tiga diantaranya sudah dilakukan uji kompetensi oleh LSP BLK Surakarta. Yakni operator menjahit pakaian dasar, desain grafis, adminitrasi perkantoran dan yunior teknisi support.

Hasilnya, kejuruan operator menjahit pakaian dasar dengan skema uji kompetensi 9 unit kompetensi dinyatakan kompeten 14 orang dari 16 peserta atau 87,5 persen. Kejuruan adminitrasi perkantoran dengan skema uji kompetensi 12 unit kompetensi dinyatakan kompeten 16 orang dari 16 peserta atau 100 persen.

Sementara kejuruan desain grafis dengan skema uji kompetensi 7 unit kompetensi dinyatakan kompeten 16 orang dari 16 peserta atau 100 persen.

Menurut Sutrisno, pelatihan ketrampilan bertujuan meningkatkan kompetensi dan produktifitas tenaga kerja di Kabupaten Purworejo.

“Dengan harapan setelah selesai mengikuti pelatihan ketrampilan ini bisa menambah pengetahuan dan mempunyai skill sehingga mampu bersaing di pasar kerja yang pada akhirnya bisa mengurangi angka pengangguran khususnya di Kabupaten Purworejo, “kata Sutrisno di sela-sela penutupan. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *