Dinparbud Gelar Workshop Tari Dolalak untuk Guru dan Pelaku Seni

PURWOREJO, Puluhan guru dari berbagai sekolah, pelaku seni, serta kalangan umum se-Kabupaten Purworejo diajak untuk mengenal lebih dekat sekaligus menggeliatkan tari Dolalak.

Mereka difasilitasi Workshop selama 4 hari, Senin-Kamis (5-8/3), di Gedung Kesenian Sarwo Edhi Wibowo Purworejo oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo,

Beragam materi diberikan oleh sejumlah narasumber profesional. Mulai dari kebijakan pemerintah oleh Kepala Dinparbud Purworejo Agung Wibowo, hingga detil penggarapan oleh para seniman tari Purworejo, antara lain Melania Sinaring Putri, Riyanto Purnomo, Gayuh, dan Cici. Seluruh peserta juga dibekali pengetahuan di balik panggung, seperti rias dan manajemen produksinya.

Agung Wibowo menyebut, tari dolalak sebagai ikon Purworejo sangat berperan untuk menggeliatkan kesenian Purworejo. Adanya workshop diharapkan dapat mendorong para guru, pelaku seni, dan masyarakat umum untuk turut menggeliatkan Dolalak di bidang masing-masing.

“Lupakan paradigma lama bahwa Purworejo itu kota pensiun. Sekarang yang ada adalah Purworejo kota harmoni, kota berirama yang penuh semangat,” katanya.

Suasana workshop pada hari terakhir berlangsung meriah. Seluruh peserta diminta menunjukkan hasil yang didapat dengan tampil menyajikan tari Dolalak secara berkelompok.

Pentas hasil kerja kelompok ditutup dengan suguhan mengejutkan. Bertepatan dengan ulang tahun ke-44 Agung Wibowo, para peserta dan panitia berinisiatif memberikan kado istimewa berupa kue ulang tahun lewat sebuah konsep garapan tarian. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *