Dinas Arpusda Gelar Berbagai Pelatihan di Tempat Wisata

KALIGESING

, Untuk meningkatkan animo membaca buku di masyarakat, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo membuat terobosan dengan membuat program perpustakaan wisata yang digelar di obyek wisata Goa Seplawan, Kecamatan Kaligesing, beberapa hari lalu.
Selain membaca, dalam kegiatan perpustakaan wisata satu hari tersebut para pelajar juga diberi pelatihan fotografi, merajut, mewarnai, tata rias, merangkai janur, merangkai mahar dan pranata cara (MC).
Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo, Tri Joko Pranoto, mengatakan, pemberian pelatihan supaya para pelajar jangan sampai gagap teknologi. “Setidaknya mereka mendapat pengetahuan yang berkaitan dengan teknologi mutakhir, “katanya.
Rencananya mereka yang mengikuti pelatihan sudah pandai, maka akan ditampilkan dalam gelar upacara adat pengantin di pendopo Kabupaten Purworejo mendatang.
Diterangkan, tercatat sebanyak 17 desa pengelola aktif perpustakaan yang kini masuk dalam komunitas perpustakaan masing- masing kecamatan setidaknya ada satu desa yang aktif dalam mengelola. “Hanya di Kecamatan Bayan yang dalam satu kecamatan terdapat dua desa yang aktif di komunitas perpustakaan, “terang Tri Joko Pranoto. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *