Dilantik, Tiga Perangkat Desa Kaliwatubumi Bergelar Sarjana

BUTUH, Setelah melalui seleksi ketat, tiga perangkat desa di Kaliwatubumi, Kecamatan Butuh dilantik hari ini, Selasa (1/12) di balai desa setempat. Dari tiga perangkat desa itu, dua diantaranya dijabat oleh perempuan. Mereka menempati jabatan yang sempat vakum sebelumnya, yakni Kepala Dusun IV dijabat oleh Sarif Hidayat, S.I.Kom, Kasi Pemerintahan dijabat oleh Sri Wuri Astuti, SE, dan Kasi Kesejahteraan dijabat oleh Nida Stana Mawartika, SE.

Pelantikan dilakukan oleh Pj Kepala Desa Kaliwatubumi, Purwo Harjanto, B.Sc dengan dihadiri Camat Butuh Ickbal Nugroho, S.STP, M.IP, forkopincam, ketua BPD, serta perwakilan lembaga desa dan tokoh masyarakat.

Menariknya, ketiga perangkat desa itu kesemuanya bergelar sarjana. Seperti disampaikan oleh Ketua Tim Seleksi Sri Wartono, S.Pd, M.Pd, seleksi perangkat desa kali ini diikuti 17 peserta.

“Lebih dari separuhnya, tepatnya sembilan orang bergelar sarjana (S1). Selebihnya, lulusan D3 tiga orang, D1 satu orang, dan lulusan SMA empat orang,” rincinya. Hal ini menunjukkan animo para sarjana menjadi perangkat desa sangat tinggi.

Ditambahkannya, sembilan sarjana itu berasal dari disiplin ilmu yang berbeda. “Ada yang dari Ilmu Komunikasi, Komputer, Ekonomi, Pertanian, Pendidikan, Agama, Akuntansi, dan Administrasi Bisnis. Selain itu, mereka juga berasal dari berbagai PTN ternama seperti UGM, UNS, dan Unsoed,” ucap Sri Wartono bangga.

Camat Butuh memberikan arahan

Materi tes, lanjutnya , meliputi Tes Tulis, Tes Pidato, Tes Komputer, ditambah nilai bobot ijazah dan pengabdian. Proses seleksi wawancara dilakukan mulai tanggal 7 November lalu.

Adapun ketua Tim Seleksi dan Pelaksana, Sekdes Dwi Lestari Ratnawati, A.Md berucap, tim seleksi berasal dari tokoh masyarakat yaitu guru dari berbagai SMA Negeri di Purworejo yang merupakan warga desa Kaliwatubumi, serta unsur perangkat desa. Mereka bekerja sejak awal Oktober, dimulai dari sosialisasi lowongan formasi, pendaftaran, penelitian berkas, penetapan calon, tes seleksi hingga pelantikan.

Mereka juga bertugas menyusun soal dan menguji tes tertulis dan pidato. Adapun untuk ujian komputer bekerjasama dengan Tim IT Kecamatan Butuh dan Tim Fasilitasi dari kecamatan. Selama proses seleksi, lanjut Dwi Lestari, peserta mendapat pengawalan dan perhatian dari tokoh masyarakat dan bahkan camat.

Kades Purwo Harjanto selain mengucapkan selamat kepada ketiga perangkat desa yang baru dilantik, juga berpesan agar mereka bekerja ikhlas dan jujur sebagai modal penting. Kades juga mengingatkan warganya agar jangan menganggap enteng Covid, terlebih Desa Kaliwatubumi menurutnya, menjadi juara baik di tingkat kecamatan Butuh dan Kabupaten Purworejo sebagai penyumbang warga terkonfirmasi Covid terbanyak.

Di sisi lain Camat Butuh Ickbal Nugroho sempat menanyakan kesiapan ketiga perangkat desa yang baru dilantik. “Pamong itu tugasnya ngemong warga yang berasal dari berbagai strata dan
berbagai perilaku, jadi niatkan sebagai ibadah,” pesannya.

Tiga perangkat desa terlantik

Menurutnya, dengan SDM yang berlatar belakang Sarjana diharapkan dapat meningkatkan pelayanan termasuk pembenahan administrasi desa, salah satunya penyelesaian administrasi transfer dana desa secara tepat waktu. Ickbal juga mendorong para perangkat desa untuk melakukan studi banding ke desa lain misalnya untuk peningkatan BUMDes.

Usai dilantik dan diambil sumpah, Kasi Kesejahteraan Nida Stana Mawartika SE menuturkan niatnya untuk mengabdi di desa tempat tinggalnya. Nida sebelumnya mempunyai pengalaman sebagai guru di luar pulau yaitu Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung, kemudian di Muara Enim Jambi dan juga di daerah terpencil Banten.

“Bulan Agustus 2020 saya yang ber-KTP Kaliwatubumi kembali ke sini untuk mengabdi sesuai dengan cita-cita dan harapan saya,” kata Nida mantap. (Dia)

Tinggalkan Balasan