Dibuka, Lomba Kompetensi Siswa Tingkat Kabupaten Purworejo

PURWOREJO, Bertempat di aula SMKN 1 Purworejo dilaksanakan pembukaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2019 tingkat Kabupaten Purworejo, Senin (2/9). Pembukaan dilakukan oleh Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Jateng Prihestu Hartomo, S.Pd, M.Si, ditandai dengan pemukulan gong, Senin (2/9).

Lomba akan berlangsung selama empat hari mulai Senin (2/9) hingga Kamis (5/9) diikuti 42 SMK negeri swasta se-Kabupaten Purworejo dengan jumlah peserta 163 siswa.

Ketua MKKS SMK Kabupaten Purworejo Ki Gandung Ngadina, S.Pd menjelaskan, ada 23 jenis mata lomba yang diperlombakan yang terbagi dalam 28 kompetensi keahlian.

Yakni, Automobile Technology, Industrial Control, Mould Making, Pattern Making (Prototype Modelling), Welding, CNC Milling, Production Machine (CNC Turning), Electrical Instalation/Commercial Wiring, Bricklaying, Wall & Floor Tilling, Teknik Sepeda Motor.

Graphic Design Technology, Auto CAD/CAD Building, Computer Aided Design & Drawing, Information Technology/Network Support, Animation, Ladies Dressmaking, Hotel Acomodation, Secretary/Bilingual Secretary, Marketing/Visual Marchandising, Accounting, Keperawatan, dan Farmasi.

Lanjut Gandung, LKS tersebut bagian dari implementasi dari program Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan SDM. Sementara untuk lomba dilaksanakan dibeberapa sekolah. “Pembiayaan LKS ini swadaya murni dari MKKS,”ucap Ki Gandung.

Ki Gandung berharap kegiatan LKS bisa menghasilkan juara yang bagus, sebagai bekal siswa setelah tamat dari SMK.

Sementara Prihestu Hartomo, S.Pd, M.Si, menambahkan, LKS merupakan ruhnya SMK, yang penguatannya sudah dilakukan sejak 2008 dengan diterbitkannya Inpres no 9 tahun 2016, tentang revitalisasi SMK.

“Selama ini link and match sudah galakkan agar standarisasi dari LKS ini standar yang ada di DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri),”tandasnya. (W5)

Tinggalkan Balasan