Dibangun dengan Dana APBD Rp 1,2 M, Pos Polisi Pendawa Didisain Seperti Buah Manggis

PURWODADI, Kasat Lantas Polres Purworejo AKP Nyi Ayu Fitria Facha, SH melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pos Polisi Pendowo, Senin (8/10). Pos Polisi Pendowo rencananya akan didesain ulang berbentuk buah manggis dan diberi tambahan patung Pendawa Lima. Pembangunan taman dan Pos Polisi Pendowo menelan biaya Rp 1,2 miliar bersumber dari dana APBD Purworejo

.

Peletakan batu pertama juga dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Purworejo Drs H Suranto, MPA.

Menurut Kasat Lantas, Pos Polisi Pendowo yang terletak di pertigaan lampu merah Pendowo sebelumnya hanya berbentuk pos polisi biasa. Lalu didisain ulang sehingga nantinya tampak seperti berada di taman. Hal itu tidak terlepas dari upaya Pemerintah Kabupaten Purworejo dalam menyongsong Romansa 2020 dan menyambut bandara New International Airport di Kulon Progo.
Lebih lanjut AKP Nyi Ayu Fitria Facha, SH menjelaskan, pemilihan disain buah manggis karena buah tersebut merupakan salah satu ikon Kabupaten Purworejo. “Bentuknya memang seperti manggis, namun pada prinsipnya fungsinya sama seperti pos polisi pada umumnya, “kata Kasat Lantas, Senin (8/10).
Disebutkan, pembangunan Pos Polisi Pendowo yang terletak di perlintasan jalan Yogyakarta tersebut diharapkan juga bisa menjadi obyek wisata tersendiri.
“Di tempat itu nantinya akan kita bangun taman yang dilengkapi patung Pandawa Lima dan Pos Polisi berbentuk manggis sehingga diharapkan bisa jadi obyek wisata tersendiri bagi pengguna jalan yang melintas, “sebutnya.
Lanjut Kasat Lantas, dengan dibangunnya fasilitas yang baru pihaknya berharap anggota yang berjaga lebih nyaman dalam bertugas dan mengamati kamseltibcar lantas.
“Pos Pendowo ini fungsinya kan pemantauan arus lalu lintas dari arah Purworejo-Yogyakarta dan sebaliknya. Jadi dengan fasilitas yang semakin baik dan menarik tentunya semakin nyaman, “ucap Kasat Lantas. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *