Dibangun dengan Dana APBD, Gedung Pelayanan Pembayaran Tilang di Kejaksaan Diresmikan

PURWOREJO, Bupati Purworejo Agus Bastian meresmikan gedung Pelayanan Pembayaran Tilang dan Pengembalian Barang Bukti di Kejaksaan Negeri Purworejo, Kamis (1/8). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita.

Ikut mendampingi, Kepala Kejaksaan Negeri Purworejo, Alex Rahman, SH, MH dan disaksikan Forkopimda. Usai peresmian, dilanjutkan peninjauan ruangan.

Alex Rahman menjelaskan, gedung tersebut dibangun oleh Pemkab Purworejo pada Januari 2019 lalu dan dilengkapi dengan kantin, AC serta toilet.

“Kejaksaan sendiri, hanya melengkapi isinya saja, seperti kursi, meubeler, dan aplikasinya,”kata Alex Rahman.

Menurut Kajari, selain untuk pembayaran tilang dan pengembalian barang bukti, gedung tersebut juga untuk ruang besuk tahanan terhadap kasus yang ditangani kejaksaan.

Sementara Bupati Agus Bastian dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya Peraturan Mahkamah Agung Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Tata Cara Penyelesaian Perkara Pelanggaran Lalu Lintas, maka Pengadilan Negeri (PN) hanya memutus denda tilang saja, pembayaran denda tilang dilakukan di Kantor Kejaksaan Negeri.

Relevan dengan hal tersebut, kata Bupati, dengan adanya gedung pelayanan pembayaran denda tilang dan pengembalian barang bukti di Kejaksaan Negeri, diharapkan proses pengurusan pelanggaran lalu lintas bisa terlesaikan dengan lebih cepat.

“Mudah-mudahan keberadaan gedung ini beserta seluruh fasilitasnya, akan semakin memudahkan masyarakat yang berperkara dalam berlalu lintas,”ucap bupati. (W5)

Tinggalkan Balasan