Di Tengah Kesibukan, Ketua DPRD Purworejo Sempatkan Diri “Mengajar” Siswa SD dan SLTP

PURWOREJO, Ketua DPRD Kabupaten Purworejo, Luhur Pambudi, ST, MM, di tengah kesibukannya memimpin lembaga legislatif, ternyata masih menyempatkan diri melakukan tugas lain yaitu “mengajar”. Kegiatan yang tidak lazim itu bahkan dilakukannya secara rutin tiap hari Rabu dan Sabtu yang dikemas dalam program Ketua DPRD Mengajar.

Seperti yang dilakukan Rabu (26/9) pagi di Ruang Badan Anggaran Dewan. Luhur menerima kunjungan 66 siswa SD Sawangmas Kecamatan Pituruh. Mereka sengaja datang ke Gedung Dewan untuk bertemu dan menimba ilmu dengan Luhur Pambudi yang secara kebetulan juga berasal dari Pituruh.
Pelajaran apa yang diberikan Luhur kepada para siswa SD itu?
“Banyak hal saya sampaikan kepada anak-anak. Saya kenalkan sistem pemerintahan di Purworejo, tugas pokok dan fungsi Dewan, serta kedudukan DPRD dalam pemerintahan daerah,”jelasnya usai menunaikan tugas mulianya itu.

Luhur juga menekankan pentingnya pendidikan budi pekerti untuk membentuk karakter bangsa. Luhur bahkan berharap pendidikan budi pekerti wajib ada dalam kurikulum pendidikan.
“Seharusnya ada kurikulum budi pekerti. Jika di materi nasional belum ada, bisa dimasukkan ke dalam materi atau muatan lokal. Dinas Pendidikan perlu memikirkan hal itu,”tandas Luhur.
Program Ketua DPRD Mengajar untuk sementara ini hanya ditujukan kepada siswa SD dan SLTP. Secara bergantian siswa SD dan SLTP, baik negeri maupun swasta, mendapat kesempatan berkunjung ke Dewan untuk bertemu ketua Dewan pada hari Rabu dan Sabtu.
“Tidak menutup kemungkinan siswa SLTA juga ikut dimasukkan dalam program itu,”pungkas Luhur Pambudi. (Adv)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *