Di SMK Kesehatan Purworejo, Siswa Disumpah Sebelum PKL

PURWOREJO, Sebanyak 115 siswa kelas XI Keperawatan dan Farmasi SMK Kesehatan Purworejo diambil sumpah sebelum melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Pengambilan sumpah dilakukan oleh Kepala SMK Kesehatan Nuryadin, S.Sos di Gedung Kesenian Sarwo Edi Wibowo, Sabtu (3/3).

Kepala SMK Kesehatan Purworejo Nuryadin, S.Sos menyebutkan, pengambilan sumpah merupakan salah satu protap sekolah dan keputusan Persatuan SMK Kesehatan Indonesia (Persemki) yang wajib dilakukan bagi siswa yang hendak diterjunkan PKL.

Menurutnya, pengambilan sumpah dan janji perlu dilakukan karena dalam PKL nantinya para siswa sudah berhubungan langsung dengan pasien, klien, dan masyarakat sehingga dibutuhkan keseriusan karena resikonya bisa berurusan dengan hukum.

“Intinya mereka disumpah, berjanji secara sungguh-sungguh menjalankan kewajibannya sebagai asisten tenaga kesehatan yang profesional, “kata Nuryadin.

Dikatakan, pengambilan sumpah juga betujuan agar para siswa yang akan terjun PKL dan berinteraksi langsung dengan masyarakat bisa serius, dan sudah siap lahir batin.

Dijelaskan, sebelum diambil sumpah para siswa yang akan terjun PKL sudah menjalani training selama dua hari di Stikes Surya Global Yogyakarta dan mengikuti pre tes guna mengevaluasi pemahaman dan kemampuan pelajaran yang didapat di sekolah serta kesiapan sebelum terjun PKL.

“Harapanya selama PKL para siswa dapat menjaga nama baik pribadi, keluarga, sekolah dan memberikan pelayanan yang baik ditempat PKL sehingga nantinya bisa menjadi tenaga kesehatan yang professional dan diterima masyarakat, “tutur Nuryadin.

Sementara Pengawas BP2 MK wilayah Magelang dan SMK Kabupaten Purworejo Bani Mustofa mengatakan, kegiatan pengambilan sumpah yang digelar oleh SMK Kesehatan Purworejo sangat positif.

“Baru SMK Kesehatan Purworejo yang melakukan pembekalan dan pengambilan sumpah siswa yang hendak PKL dengan menghadirkan wali siswa, “kata Bani Mustofa.

Bani Mustofa juga sangat mengapresiasi dengan prestasi yang sudah diraih oleh SMK Kesehatan Purworejo.

“Di usianya yang masih muda tapi prestasinya sudah bisa sejajar dengan level SMK yang lain,”katanya. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *