Dharma Wanita Kenalkan Destinasi Wisata Lewat Kegiatan Capacity Building

PURWOREJO, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Purworejo bidang pendidikan, mengenalkan destinasi wisata lokal yang tersebar di desa-desa di Kabupaten Purworejo. Salah satunya dengan melakukan capacity building, membangun integritas sumber daya manusia anggota DWP yang dipusatkan di Wahana Outbond Dewi Minarni Kampung Pelangi, Dusun Majan, Desa Wonoroto, Kecamatan Purworejo, Sabtu (20/10).
Kegiatan yang bertema Rukun Agawe Santoso Seneng Agawe Mulyo itu, dipimpin Ketua DWP Kabupaten Purworejo Dra Erna Setyowati Said Romadhon. Hadir pula staf ahli Bupati, Dra Eny Sudiyati, MM, Dra Titik Mintarsih, dan sejumlah pengurus beserta anggota DWP.
Dalam sambutannya Erna Said mengatakan, selain mengajak anggota DWP untuk mencintai destinasi wisata lokal, sekaligus menjadikan anggota DWP dapat terus membangun integritas dan kapasitasnya.
Sebab istri Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut memiliki peran penting dalam mendukung tugas-tugas suami di dalam keluarga. Termasuk di lingkungan masyarakat, juga harus dapat menjadi teladan.
Selain itu lanjut Ny Erna Said, memiliki tugas yang kompleks di dalam keluarga, di sisi lain juga harus eksis di masyarakat. Karena itu, kita harus terus berupaya untuk meningkatkan kualitas diri. Kegiatan peningkatan integritas yang menjadi program kerja Bidang Pendidikan DWP tahun ini sengaja dikemas dengan kegiatan outbond melalui beragam permainan edukasi yang mengasah kepercayaan diri, kekompakan, kejujuran, dan konsentrasi.
“Nilai-nilai itu juga sejalan dengan kebutuhan organisasi DWP, maka sangat diperlukan semangat seperti itu untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi. Dengan kegiatan yang menyenangkan melalui outbond di wisata desa diharapkan kebersamaan akan selalu terjaga. Rencananya setiap tahun, akan dilakukan kegiatan yang sama di tempat wisata desa yang ada di wilayah Kabupaten Purworejo. Sehingga kita akan mencintai wisata lokal, yang tidak kalah dengan daerah lain,” tutur Ny Erna Said.
Sementara itu Ketua Panitia Dra Titik Mintarsih MPd, menjelaskan kegiatan melibatkan sekitar 40 pengurus DWP serta unsur PKK. Wahana outbond Desa Wonoroto dipilih sebagai lokasi kegiatan karena DWP juga memiliki visi untuk turut mengembangkan destinasi wisata lokal di Kabupaten Purworejo.
“Kegiatan outbond kita fokuskan di kampung pelangi sekaligus untuk mempromosikan serta mendorong perkembangan wisatanya, agar Purworejo lebih dikenal terutama kita sebagai bagian dari masyarakat Purworejo. (**)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *