Dengar Banyak Prestasi dan Inovasi, Gubernur Kunjungi Krandegan

BAYAN, Desa Krandegan, Kecamatan Bayan dikunjungi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Rabu (7/10). Kunjungan itu diakui Ganjar, karena dirinya tertarik dan ingin membuktikan kebenaran informasi tentang beragam inovasi yang dilakukan oleh Kepala Desa Krandegan, Dwinanto, SE. Saat itu Gubernur didampingi Pjs Bupati Yuni Astuti dan pimpinan forkopimda.

Kepada Gubernur, Dwinanto bercerita tentang beragam inovasi yang dilakukan oleh desanya yang dinobatkan sebagai juara I Kampung Siaga Candi oleh Polda Jawa Tengah. Inovasi itu antara lain Telu Nulung Siji, irigasi gratis, pengelolaan zakat dan sedekah. Ada juga program dapur umum, meja anti lapar, mobil anti lapar, pasar bergerak, bantuan cair langsung, wifi gratis, serta berobat gratis.

Tak hanya itu. Inovasi di bidang teknologi informasi juga disampaikan Dwinanto kepada Gubernur. Yakni toko online, pembayaran online, layanan surat menyurat online, hingga ojek online.

Terkait beragamnya aplikasi tersebut, Gubernur memberikan apresiasi. “Ini salah satu terobosan yang luar biasa , sebuah desa mampu membuat beragam inovasi yang sangat menarik untuk mendukung pemerintahan desa dan memenuhi kebutuhan warga. Bahkan bisa membuka lapangan pekerjaan yang baru,” ucap Ganjar Pranowo.

Dwinanto beri paparan kepada gubernur

Dalam kesempatan itu, Dwinanto menjelaskan bahwa aplikasi yang ada itu oleh BUMDes Krandegan dijual ke desa lain, sehingga mendapatkan pemasukan untuk desa.

Ia menyampaikan bahwa ada dua impian besarnya terkait desa yang dipimpinnya yaitu digitalisasi dan BUMDES yang mapan.

“Kedua impian saya itu saya lebur dengan membangun BUMDes yang menjual dan melayani produk digital. Kebetulan di Purworejo belum ada BUMDes yang bergerak di bidang itu,” ungkap Dwinanto penuh semangat.

Dalam kesempatan itu Gubernur juga sempat melakukan dialog dengan pengurus IT serta perangkat desa diselingi pertanyaan yang tak jarang mengundang tawa hadirin. (Dia)

Tinggalkan Balasan