Dandim Resmikan RW 02 Kledung Karangdalem Sebagai Rintisan Kampung Olahraga

PURWOREJO, Warga RW 02 Kelurahan Kledung Karangdalem, Kecamatan Banyuurip, mendeklarasikan diri menjadi rintisan Kampung Olahraga. Pencanangan rintisan Kampung Olahraga RW 02 dilakukan oleh Dandim 0708/Purworejo, Letkol Inf Muchlis Gasim, SH, M.Si, Rabu (9/5).

Pada kesempatan itu, Dandim memberikan bantuan sejumlah peralatan olahraga serta membaur dengan warga dalam pertandingan tenis meja. Hadir Muspika Banyuurip serta Kepala Kelurahan Kledung Karangdalem, Munawir.

Dandim mengatakan, TNI khususnya Kodim 0708 sangat bersemangat mendorong warga Kledung Karangdalem mewujudkan rinitisan Kampung Olahraga. Ini sejalan dengan visi Kodim untuk mewujudkan generasi muda yang unggul di Purworejo.

Menurut Dandim, Kampung Olahraga RW 02 menjadi yang pertama di Kabupaten Purworejo. Progam yang baru dirintis ini diharapkan dapat berjalan dan menjadi percontohan.

“Di Indonesia memang pernah ada sebuah acara atau kegiatan bernama Kampung Olahraga, tetapi untuk wilayah yang menamakan diri sebagai Kampung Olahraga baru ada di Kledung Karangdalem ini,” sebutnya.

Lebih lanjut Dandim menyebutkan, olahraga sama artinya dengan bela negara. Sikap bela negara tidak sekadar menjadi tanggung jawab anggota TNI maupun pemerintah semata. Masyarakat dapat turut melakukannya dengan aktivitas positif, seperti membudayakan olahraga.

Sementara itu Sekretaris Kecamatan Banyuurip, Nurfiana, menyatakan, olahraga dapat menjadi ajang rekreasi. Selain itu, kegiatan yang positif dengan berolahraga akan menangkal terjadinya kenakalan remaja.

“Memberikan kegiatan yang positif, sedikit berkompetisi akan merangsang generasi muda untuk aktif. Dan disinilah kenakalan remaja itu bisa diredam bahkan dihilangkan,” kata Nurfiana.

Ketua RW 02 Kelurahan Kledung Karangdalem, Suratno, mengungkapkan, keinginan mejadi Kampung Olahraga memang pernah ada. Namun, banyak keterbatasan sehingga menjadikan pihaknya lebih memilih membuat rintisan terlebih dahulu.

“Dengan dukungan dari Dandim ini, warga langsung sepakat menyusun rencana kedepan. Ini menjadi program RW dan Pemerintah Kelurahan yang akan melibatkan seluruh elemen masyarakat, seperti RT, pemuda, serta ibu-ibu PKK dan Dasa Wisma,” ungkapnya. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *