Cegah Ikut Demo, 138 Siswa SMK Kesehatan Purworejo Diikutkan LDK

PURWOREJO, Sebanyak 138 pengurus organisasi kegiatan di SMK kesehatan Purworejo mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), Senin, (12/10). Kegiatan dipusatkan di lokasi outbound Jurang Ombo, Desa Wonoroto, Kecamatan Purworejo. LDK digelar setelah para peserta dilantik sebagai pengurus organisasi sekolah.

Kepala SMK Kesehatan Purworejo
Drs Nuryadin, M.Pd menyebut, LDK diikuti pengurus organisasi dari empat elemen yakni OSIS, PMR, Pramuka, dan Kerohanian Islam (Rohis). “Mereka berasal dari kelas X dan XI yang telah dilantik sebelumnya. Pada hari ini semua pengurus mengikuti LDK,” kata Nuryadin.

Dijelaskan, pada tahun sebelumnya, acara rutin ini diadakan secara terpisah oleh masing-masing organisasi. Tapi karena masih dalam suasana pandemi, maka kegiatan LDK digabung menjadi satu. Tujuannya, kata Nuryadin, adalah untuk menyiapkan siswa menjadi pengurus organisasi yang lebih baik.

Upacara pembukaan LDK

Selain itu, imbuh Nuryadin, kegiatan LDK diadakan juga sebagai pelaksanaan himbauan dari Kepala Dinas Pendidikan Wilayah 4 Jawa Tengah untuk mengendalikan siswa agar tidak ikut aksi demo. Caranya yakni dengan mengadakan kegiatan yang positif seperti LDK ini.

Selama setengah hari, para siswa mendapatkan materi tentang teori dan praktek mengenai dasar kepemimpinan, diselingi beragam game untuk meningkatkan pengetahuan dan toleransi siswa. Tentu saja semuanya dilakukan dengan menerapkan standar protokol kesehatan sesuai yang telah ditetapkan.

Nuryadin berharap, kegiatan itu dapat berguna untuk meningkatkan profesionalisme siswa dalam berorganisasi. Selain juga diharapkan akan berpengaruh pada kegiatan yang lebih baik dan bisa menjiwai peran sesuai tugasnya masing-masing.

Hal yang tak kalah penting yakni agar siswa dapat menjalankan fungsinya sesuai dengan moto SMK Kesehatan yakni 3T : tertib ibadah, tertib belajar, dan tertib organisasi. “Kegiatan outbond ini merupakan bentuk tertib organisasi bagi siswa kami,” pungkas Nuryadin. (Dia)

Tinggalkan Balasan