Bupati Resmikan Proyek-proyek Pembangunan Tahun 2019 Senilai Rp 105 M

PURWOREJO, Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM meresmikan 24 proyek pembangunan tahun anggaran 2019 senilai Rp 105,9 miliar, sekaligus launching Batik Kaprajan Purworejo dan Aplikasi Porjo, di Gedung Wanita Ganesha Convention Hall, Kamis (27/2). Batik kaprajan yaitu batik yang digunakan sebagai seragam Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Purworejo.

Proyek-proyek yang diresmikan secara simbolis antara lain RSUD Tipe C RAA Tjokronegoro, Revitalisasi Gedung Wanita, Youth Center Argo Putri, tiga proyek di Pantai Jatimalang, beberapa puskesmas dan Purworejo Command Center.

Peresmian dihadiri juga KetuaTP PKK Kabupaten Purworejo Fatimah Verena Prihastyari, Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti, SH, Sekda Drs Said Romadhon, M.Si, Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardani SE dan Yophi Prabowo SH.

Pada kesempatan itu Bupati menegaskan, pembangunan sarana prasarana menjadi kebutuhan yang sangat utama dan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Pemerintah Kabupaten Purworejo kepada masyarakat. 

“Proyek-proyek pembangunan tahun 2019 telah dapat dilaksanakan dengan baik dan sudah terealisasi. Kesemuanya menggunakan dana APBD kabupaten tahun 2019,” tandasnya.

Dua pejabat Setda Purworejo memeragakan pakaian Batik Kaprajan

Salah satu proyek yaitu Gedung Wanita Ahmad Yani Purworejo sebagai gedung pertemuan. Gedung Wanita itu memiliki kapasitas 1.500 orang. Ruang bagian dalam gedung diberi nama Ganesha Convention Hall. 

Mengenai Batik Kaprajan, Bupati menjelaskan, batik tersebut hasil produk kerajinan pembatik Purworejo. Batik Kaprajan bermotif Kawung Manggis gunungan wora wari bang yang juga merupakan cirikhas batik Purworejo.   

Motif itu memiliki makna antara lain kawung identik dengan busana raja yang berbicara benar, setia, jujur, dan pandai. Manggis merupakan buah khas Purworejo yang kaya manfaat dari mulai kulit sampai buahnya. 
Gunungan selalu menjulang tinggi ke atas. Wora wari bang yaitu tanaman bunga yang selalu berbunga sepanjang waktu dan bisa tumbuh di mana-saja. 

Aplikasi Porjo, kata Bupati lanjut, merupakan salah satu akses online yang menyatukan informasi semua layanan OPD. Ini untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi layanan Pemerintah Kabupaten Purworejo. (Dia)

Tinggalkan Balasan