Bupati Purworejo Prihatin Pelajar Terlibat dalam Kegiatan Penyampaian Aspirasi

PURWOREJO, Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM menegaskan, adanya penyampaian aspirasi baru-baru ini di kota-kota besar, yang melibatkan pelajar sangat memprihatinkan kita bersama. Hal ini menjadi perhatian kita bersama untuk menjadikan anak-anak pelajar fokus pada pendidikan.

“Karena anak-anak SMP SMA dengan ikut-ikutan unjuk rasa sangat tidak tepat. Untuk itu kepada bapak-Ibu kepala sekolah yang dibantu para guru dan komite sekolah supaya dapat memberikan penyadaran sehingga anak-anak pelajar baik SMP maupun SMA dapat fokus pada belajar demi maraih cita-cita,”tandas Bupati usai mengukuhkan dan mengambil sumpah/janji 20 kepala SMP Negeri, di Ruang Arahiwang Setda Purworejo, Rabu (2/10).

Hadir dalam kesempatan itu Sekda Saud Romadhon, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sukmo Widi Harwanto, SH, MM dan pimpinan OPD terkait.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, pendidikan menjadi salah satu program prioritas pemerintah Kabupaten Purworejo. Oleh karena itu perlu terus melakukan peningkatan kualitas pendidikan.

Menurut Bupati, salah satu indikator keberhasilan yang tertuang dalam indikator kinerja utama adalah Indeks Pendidikan. Indeks pendidikan ini menjadi salah satu elemen dalam indeks pembangunan manusia (IPM).

“Maka diperlukan kinerja yang optimal dan inovasi dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah. Sehingga harapan Kabupaten Purworejo menjadi pencetak generasi muda yang berkulaitas dalam hal pendidikan dapat terwujud,”ujarnya.

Ditegaskan, pendidikan harus imbang antara ilmu akademik dan ilmu agama, juga pendidikan karakter. Kepala sekolah dapat menerapkan pola-pola pembelajaran yang selain berdasar kurikulum, juga berinovasi untuk anak-anak didik menjadi generasi yang handal berkualitas dan tidak mudah terprovokasi.

“Apalagi anak-anak SMP masih mudah dipengaruhi. Oleh karena itu perlu terus digembleng dengan keseimbangan ilmu agama,”pungkasnya. (A)

Tinggalkan Balasan