Bupati Ingatkan Agar Anak Muda Tak Nyalakan Mercon Selama Ramadhan

PURWOREJO, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghimbau kepada seluruh umat Islam untuk melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya dan senantiasa menjaga kesucian bulan Ramadhan. Masyarakat Purworejo bisa turut serta dalam menciptakan situasi bulan Romadhon yang aman dan damai.

Himbauan itu disampaikan saat Bupati mengawali kegiatan Tarawih dan Silaturahmi (Tarhim) Bupati di Masjid Agung Darul Muttaqin Purworejo, Rabu malam (16/5).

Lebih lanjut Bupati mengatakan, terkait dengan teror bom yang terjadi beberapa hari terakhir di sejumlah daerah, diharapkan semua bersikap waspada dan bahu membahu guna mencegah terjadinya tindak terorisme.

“Laporkan kepada pihak berwajib apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan di sekitar kita,”pesan Bupati.

Kepada generasi muda, Bupati juga berpesan agat tidak menyalakan petasan atau mercon pada bulan Ramadhan. Karena selain dilarang oleh negara, menyalakan petasan sangat berbahaya bagi diri sendiri maupun orang lain, serta mengganggu kekhusyukan ibadah,” tandas Bupati.

Bupati juga mengingatkan, agar masyarakat dapat mengendalikan diri, jangan terjebak pada perilaku konsumtif yang berlebihan. Selain itu, masyarakat juga perlu berhati-hati dalam membeli barang kebutuhan pokok, mengingat tidak menutup kemungkinan beredarnya produk makanan dan minuman yang kadaluwarsa, daging glonggongan, ayam tiren dan sebagainya.

Sementara itu Ketua Takmir Masjid Agung Darul Muttaqin, Habib Najib Syafrudin Ba’bud ST mengucapkan terimakasih atas perhatian Bupati dan jajaran Forkompinda dalam kegiatan Tarhim yang sekaligus ikut sholat tarawih bersama.

“Kegiatan selama bulan Romadhon dilakukan Tadarus Al Qur’an 1 jus setiap malamnya setelah tarawih. Untuk pelaksanaan sholat tarawih dengan 23 rakaat dan bertindak sebagai Imam KH Muhammad Muaddib Mahfudz,” jelasnya.

Secara terpisah Sekda Drs Said Romadhon mengatakan, kegiatan Tarawih dan Silaturahim Bupati sudah diagendakan yang diawali di Masjid Agung Darul Muttaqin, kemudian akan menyusul di 16 kecamatan.

Kegiatan Tarhim melibatkan Bupati dan Wakil Bupati, Forkompinda, semua OPD, BUMD, dan BUMN wilayah Kabupaten Purworejo. Sedangkan pengajian Nuzulul Quran pada 1 Juni mendatang akan dipusatkan di Pendopo Kabupaten Purworejo. (*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *