BREAKING NEWS: Banjir dan Tanah Longsor Meluas

PURWOREJO, Hujan deras yang turun sejak dua hari lalu mengakibatkan sejumlah daerah di Kabupaten Purworejo terkena banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo Drs Sutrisno, MM mengatakan, berdasarkan laporan kejadian sementara yang masuk, pohon tumbang menutup jalan terjadi di ruas jalan Brenggong-Tlogorejo dukuh Kedungsuruh Desa Kedunggubah Kecamatan Kaligesing.

Jalan Soko-Bagelen lumpuh karena genangan air setinggi 0,5-1 meter, tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat.

Terjadi tanah longsor di Desa Jatirejo Kecamatan Kaligesing mengakibatkan 3 rumah terdampak. Masing-masing milik Diran, Harjo Teguh dan Aman. Ketiganya kini sudah diungsikan. Selain itu aspal jalan sepanjang 10 meter tergerus air.

Tanah retak Dusun Ngrukem RW 7 Desa Sidomulyo, Kecamatan Purworejo, yang berdampak pada jalan rabat beton dan mengancam 1 rumah di bawahnya.

Air dari Bendung Boro mendekati level merah sehingga untuk wilayah Kecamatan Purwodadi-Bagelen harus waspada.

Jalan Purwodadi-Bagelen (Jembatan Sembir) tidak bisa dilalui roda 2 dan 4. Ketinggan air mencapai pinggang orang dewasa.

Debit air terus naik ke Desa Candi, Sembir, depan Koramil Bagelen, Srapah dan Bapangsari, Desa Kedungmulyo tanaman padi mulai tergenang air.

Dusun Bojong, Desa Bapangsari, Kecamatan Bagelen, air sudah naik ke halaman rumah dan BPBD sudah mengirim tim evakuasi. Sementara jalan Legetan-Sukowuwuh di Desa Legetan-Sukowuwuh Kecamatan Bener, ambles dan tanah terus bergerak. Terdapat 4 rumah di atasnya dan 2 rumah di bawahnya, termasuk tiang listrik yang hampir roboh. Untuk saat ini warga diungsikan.

Di Desa Tangkisan, Kecamatan Bayan, Kali Dulang meluap ke pekarangan. Longsor menutupi jalan desa di Desa Kaliharjo (atas SMP 24), Kecamatan Kaligesing termasuk jalan penghubung Desa Kaliharjo-Hulosobo-Somongari.

Longsor jugq terjadi di Desa Kaligono dan Desa Jetis Kecamatan Kaligesing setinggi 7 meter panjang 10 meter mengakibatkan tembok rumah milik Sukur jebol.

Di Gebang, empat pekarangan rumah warga terendam air setinggi 40-50 cm dan akses jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda 2 dan 4 akibat luapan banjir Sungai Meneng di Desa Gintungan Kecamatan Gebang.

Sementara di Dusun Bakungan Desa Jenar Wetan air sudah masuk ke rumah warga dengan ketinggian sekitar paha orang dewasa. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *