Berbagai Elemen Masyarakat Nyatakan Tolak Anarkisme dan Vandalisme

PURWOREJO, Polres Purworejo bersama sejumlah elemen masyarakat seperti mahasiswa, pelajar, serikat buruh, suporter sepak bola Purworejo menyatakan sikap menolak ideologi anarkisme dan vandalisme. Hal tersebut mengemuka dalam buka bersama antara Kapolres Purworejo dengan sejumlah elemen masyarakat, di Rumah Makan Dargo, Selasa (28/5).

Hadir dalam kegiatan tersebut, jajaran Polres Purworejo, Serikat Pekerja Selruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Purworejo, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Rudofl Boy (Suporter Bola Purworejo), dan perwakilan pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Purworejo.

Dalam amanatnya Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong mengatakan, akhir-akhir ini terjadi tindakan aksi anarkis dari kelompok yang menamakan anarko sindikalis, dimana Anarko Sindikalis adalah pemikiran dan metode pengorganisasian yang bersifat konfederasi, sehingga karakter masing-masing sindikalis di tiap cabang memiliki otonomi sendiri.

Sistem organisasi Anarko Sindikalis adalah sistem organisasi yang dikembangkan khusus tidak dapat memutus rantai komando memotong organ lain.

Disebutkan, fenomena terjadi di Indonesia pada aksi hari buruh atau May Day, dimana sekelompok massa berbaju hitam-hitam melakukan aksi anarkis dengan melakukan pengerusakan terhadap fasilitas umum, vandalisme, serta terlibat bentrok dengan aparat kepolisian.

” Pada kesempatan bulan suci ini saya menghimbau kepada komponen serikat buruh, para mahasiswa, pelajar, dan suporter sepakbola di Kabupaten Purworejo untuk tidak terpengaruh dengan fenomena tersebut, jangan mudah terprovokasi dan jangan ikut-ikutan melakukan tindakan vandalisme dan pengerusakan,” pungkas Kapolres.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan pembacaan Deklarasi Menolak Tindakan Anarkisme dan Vandalisme serta Mendukung Polri dalam menjaga Situasi Kamtibmas Pasca diumumkan Hasil Pemilu 2019, cinta damai, Purworejo Mulyo. (W5)

Tinggalkan Balasan