Batal di Depan Pendopo, 9 SMK Gelar Shalat Istisqa di Sekolah Masing-masing

PURWOREJO, Hari ini, Jumat (4/10) sejumlah SMK negeri dan swasta di Purworejo serentak menggelar sholat istisqo (sholat minta hujan) di halaman sekolah masing-masing. Sholat istisqo semula akan dilaksanakan di Jalan Dr Setiabudi, depan pendopo kabupaten, tapi batal dilaksanakan karena tidak mendapat izin dari kepolisian.

Kepala MKKS (Musyawarah Kepala Kepala Sekolah) SMK Kabupaten Purworejo, Ki Gandung Ngadina, S.Pd menuturkan, rencana semula sholat istisqo akan diikuti siswa 13 SMK di Purworejo dengan jumlah peserta sekitar 3.500 orang.

“Namun karena dengan alasan stabilitas dan takut ditunggangi penyusup maka pihak kepolisian menghimbau agar dilakukan di sekolah masing-masing,”kata Gandung Ngadina, Jumat (4/10).

Menurut Gandung, gerakan sholat istisqo murni bentuk keprihatinan terhadap musim kemarau dan banyaknya kebakaran hutan.

“Kenapa memilih sholat istisqo, karena kemarau berdampak pada petani yang sebagian adalah wali siswa, sehingga berdampak pula terhadap kelancaran pembayaran SPP,”ujar Gandung.

Meski menyangkan kegiatan gerakan sholat istisqo di depan pendopo tidak terlaksana, namun Gandung Ngadina berharap dengan sholat istisqo secara internal di sekolah tersebut mampu meningkatkan pendidikan karakter demi terwujudnya peningkatan SDM.

“Lebih dari itu akhir-akhir ini citra SMK sedikit buruk sehingga harapanya melalui momen gerakan sholat istisqo ini akan sedikit memiliki nilai tersendiri bagi masyarakat Purworejo,”pungkas Ki Gandung.

Dari pantauan lapangan, sekolah yang melaksanakan sholat istisqo meliputi SMK TKM, SMK Patriot, SMKN 4, SMK PN dan PN 2, SMKN 3, SMK Kartini, SMK Kesehatan, dan SMK YPT.

Di SMK YPT Purworejo, sholat istisqo diikuti sekitar 600 siswa, guru dan karyawan. Kegiatan dilaksanakan dihalaman sekolah dan bertindak sebagai imam, Kyai Masduki dari Pangenrejo.

Selain memohon hujan, dalam khotbahnya kyai Masduki mengajak seluruh warga SMK YPT untuk instrospeksi diri dan terus berbuat baik terhadap sesama meski beda agama.

Kepala SMK YPT Purworejo, Toto Wibawa, S.Pd melalui Waka Kesiswaan, Eri Ponco Prasetyo mengatakan, kegiatan sholat istisqo sebagai tindak lanjut himbauan dari MKKS SMK Purworejo.

“Awalnya beberapa SMK akan menggelar gerakan sholat istisqo di depan pendopo, tapi karena batal kita dihimbau melaksanakan di sekolah masing-masing,”kata Eri Ponco. (W5)

Tinggalkan Balasan