Banyak Masukan Terkait Penghapusan UPT, DPRD Undang Jajaran Dinas Pendidikan

PURWOREJO, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purworejo, Senin (21/5) siang mengundang Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Dr Akhmad Kasinu, M.Pd beserta jajarannya terkait penghapusan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan di 16 kecamatan.

DPRD juga mengundang Kepala Badan Kepegawaian Daerah Drg Nancy Megawati Hadisusilo, MM, Asisten Sekda Bidang Kesra Drs Muh Wuryanto, MM, Kepala Bagian Hukum Setda Sri Setyowati, SH, MM, Kepala Bagian Organisasi dan Aparatur Setda, Makin Mubasir dan sejumlah mantan kepala UPT Pendidikan.

Ketua DPRD Purworejo Luhur Pambudi yang didampingi Ketua Komisi A, Kons Gudoyo dan Ketua Komisi D, H Rujiyanto, mengungkapkan, Dewan ingin mendengar aspirasi jajaran pendidikan terkait dihapusnya UPT Pendidikan menyusul turunnya Permendagri No 12 Tahun 2017.

“Setelah UPT dihapus, banyak masukan ke Dewan yang menyatakan keberadaan UPT masih diperlukan. Oleh karena itu perlu ada pembahasan di Dewan dengan mendengarkan pendapat pihak yang terkait,”kata Luhur.

Menurut Luhur, berdasarkan surat Mendagri, paska penghapusan UPT, dibentuk koordinator wilayah yang pejabat dan sarananya bisa menggunakan eks-UPT. Ketentuan itu memberi ruang secara tidak langsung untuk tetap adanya UPT.

“Nanti Komisi A dan D akan membahas persoalan penghapusan UPT dan akan membuat rekomendasi,”tegas Luhur.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Dr Akhmad Kasinu menegaskan, pihaknya siap melaksanakan semua keputusan yang diambil oleh pemerintah. Tapi jika pemerintah akan menghidupkan kembali UPT, pihaknya sangat senang.

“UPT sangat membantu khususnya dalam pengelolaan administrasi sumber daya manusia di lingkungan Dinas yang mencapai puluhan ribu orang. Saat ini seluruhnya dikerjakan oleh Dinas,”ujar Kasinu. (Adv)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *