Bakti Sosial di Cacaban Kidul, PDGI Purworejo Terjunkan 35 Dokter Gigi

BENER, ‌Sebanyak 35 dokter gigi yang tergabung dalam Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Purworejo melaksanakan bakti sosial di Dusun Mangguljaya Desa Cacaban Kidul Kecamatan Bener, Kamis (26/4). Menurut Ketua Seksi Baksos, Drg Edhi Sucipto, baksos itu merupakan agenda rutin PDGI sebagai wujud bakti kepada masyarakat.

Dijelaskan, baksos ini berupa penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, sikat gigi bersama, serta tindakan sederhana berupa penambalan gigi anak sekolah dan pencabutan gigi susu yang goyah.

Menurut Edhi, baksos sengaja dipusatkan di SDN Mangguljaya karena sasarannya antara lain siswa dan wali siswa. Adapun jumlah seluruhnya mencapai 206 orang, separuh di antaranya siswa.

“Kegiatan ini sangat membantu warga untuk memeriksakan giginya. Sedang untuk anak-anak yang sudah goyah giginya, langsung dilakukan pencabutan,”jelas Edhi.

Ditambahkan, untuk anak-anak yang giginya mulai berlubang langsung dirawat. Sedang untuk kasus kategori sedang hingga berat dirujuk ke Puskesmas Bener.

Baksos dibuka oleh ketua PDGI Cabang Purworejo drg Ernawan Cahyo Winardi, MM dan dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan gigi di Balai Desa Cacaban Kidul. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *