Antisipasi Kebakaran Hutan, Perum Perhutani KPH Kedu Selatan Gelar Apel Siaga Dalkarhut

BENER, Kebakaran lahan hutan merupakan salah satu bencana yang perlu diwaspadai di musim kemarau seperti sekarang ini. Untuk mengantisipasinya, Perum Perhutani KPH Kedu Selatan hari ini Rabu (29/7) menggelar Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan (Dalkarhut) dan Antisipasi Bencana Kekeringan di area wisata Bukit Seribu Besek, Desa Guntur, Kecamatan Bener.

Sebanyak 149 personel yang berasal dari unsur Polri, BPBD, Dinas Kehutanan wilayah 7 dan 8, Masyarakat Mitra Polhut (MMP), termasuk 35 petugas dari Perhutani KPH Kedu Selatan ikut dalam apel yang dihadiri oleh Asisten 3 Sekda Purworejo Drs Pram Prasetya Achmad, MM, jajaran forkopimda serta forkopincam Bener.

Administratur Perum Perhutani KPH Kedu Selatan Yudha Siswardhanto, S.Hut selaku pembina apel mengutarakan, Perum Perhutani Kedu Selatan mengelola hampir 5.000 hektare yang tersebar di 5 kabupaten yakni Purworejo, Kebumen, Wonosobo, Banyumas, dan Banjarnegara.

Yudha Siswardhanto

Ke-35 personel yang diterjunkan Perum Perhutani KPH Kedu Selatan merupakan 30% dari jumlah personel yang ada sehingga membutuhkan sinergi dengan pihak lain.

Yudha berharap, apel siaga bisa dijadikan sebagai bentuk kesiapan dalam mengantisipasi bencana kekeringan. 

“Kegiatan ini rutin dilakukan setiap menjelang musim kemarau, karena kebakaran dapat mempengaruhi ekosistem sehingga perlu dicegah dan dibutuhkan sinergi dengan stakeholder,” ujar Yudha.

Asisten III Sekda Purworejo serahkan peralatan siaga kebakaran

Dalam apel itu juga diadakan simulasi kebakaran hutan yang disebabkan oleh kecerobohan pemburu saat berupaya menangkap buruannya.

Petugas Dalkarhut dengan sigap segera memadamkan api setelah menerima laporan dari mandor hutan sehingga kebakaran lahan hutan dapat segera dipadamkan.

Selain itu juga diserahkan bantuan secara simbolis berupa peralatan kerja saat bertugas antara lain pompa punggung, selang, serta alat deteksi dini berupa menara pengawas. Disamping juga penyerahan APD, 38.176 masker, 190.882 butir vitamin, serta 382 liter sabun cair untuk cuci tangan. (Dia/Fau)

Tinggalkan Balasan