Anggaran Rp 29 M, PDAM Akan Bangun Instalasi di Dadirejo untuk Pasok Air ke Bandara

PURWOREJO, Menyongsong pembangunan bandara New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) di Temon, Kabupaten Kulon Progo, PDAM Tirta Perwitasari Purworejo siap membangun Instalasi Kota Kecamatan (IKK) di Desa Dadirejo, Kecamatan Bagelen. IKK tersebut rencananya untuk mensuplay air bersih ke bandara. Demikian dikatakan Direktur PDAM Tirta Perwitasari Purworejo, Hermawan Wahyu Utomo, ST, Senin (27/8).
Dijelaskan, IKK di Kecamat Bagelen berkapasitas 50 liter kubik per detik dan mampu untuk mensuplai 5.000 pelanggan, 3.000 untuk bandara, dan 2.000 untuk pelanggan di Kecamatan Bagelen.
Disebutkan, saat ini program tersebut masih dalam proses pembentukan tim untuk pelepasan lahan dan pembuatan Detail Engineering Design (DED).
“Lahan sudah siap seluas 300 m2 dan sudah dilakukan studi kelayakan yang hasilnya sangat baik, “sebut Hermawan.
Diungkapkan, program IKK tersebut menelan dana Rp 29,3 miliar yang pembiayaannya menggunakan sistem sharing. PDAM menyediakan lahan, sedang instalasi pengolahan air (IPA) dari pihak ketiga dan jaringan pipa dibiayai oleh Pemkab Purworejo.
“Direncanakan pada pertengahan tahun 2019 proyek tersebut sudah mulai dibangun, “ungkap Hermawan.
Melihat efek yang sangat luar biasa dengan momentum keberadaan bandara NYIA terhadap perekonomian Purworejo, Hermawan berharap ada sinergi dari Pemkab Purworejo.
“Melihat momentum dan peluang yang sangat bagus saya berharap ada kesamaan mindset sehingga Pemkab Purworejo bisa bersinergi untuk secara bersama-sama mewujudkan program IKK ini, “tandas Hermawan. (W5)

Tinggalkan Balasan