Akibat Hujan Deras, Pohon Asem Roboh Nyaris Timpa Mikrobus

LOANO, Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Purworejo sejak Selasa (27/11) sore hingga Rabu (28/11) dini hari mengakibatkan pohon asam tumbang di jalan Tumbak Anyar Km 01 Dusun Kalongan 2 RT 02 RW 04 Desa Mudalrejo, Kecamatan Loano. Akibatnya lalu lintas yang menghubungkan Purworejo Banyuasin mengalami kemacetan, begitu juga arah sebaliknya.
Kemacetan terjadi lantaran sebagian pohon menutup badan jalan. Sejumlah kendaraan roda empat tidak bisa melintas sedangkan untuk roda dua harus ekstra hati hati. Selain mengakibatkan kemacetan, pohon tumbang juga menimpa talang air warga.
Heri Susanto, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo mengatakan, terjadinya pohon tumbang ini dikarenakan adanya hujan lebat yang mengguyur wilayah Loano sejak Selasa sore hingga malam hari, sehingga pohon asam berukuran besar tumbang.
“Kejadian sekitar pukul 04.30 WIB, setelah menerima laporan dari salah satu warga selanjutnya kami bersama-sama dengan anggota Koramil Loano meluncur ke lokasi kejadian,”ucapnya.
Dijelaskan, robohnya pohon asam ini diduga akibat hujan terus menerus kemudian sebagian tanah longsor. Pohon berdiameter besar ini diketahui akarnya sudah di permukaan dan akhirnya roboh.

“Saya berharap kepada masyarakat dengan kondisi cuaca yang hujan terus menerus untuk waspada terhadap terjadinya bencana besar maupun kecil dan jangan lupa untuk selalu berkordinasi dengan dinas terkait,”kata Heri Susanto.
Sementara itu Komandan Koramil 11 Loano Kapten Infanteri Daliman melaporkan, setelah mengetahui kejadian tersebut pihaknya bersama sama BPBD dan masyarakat ikut menangani pembersihan pohon tumbang yang menganggu akses jalan penghubung dengan mengerahkan seluruh personil Koramil.
“Alhamdulillah dengan kerja cepat yang dilakukan oleh anggota BPBD dan Koramil pohon asam berhasil disingkirkan dengan cepat dan lalu lintas bisa kembali normal,”ujarnya. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *