Akan Lakukan PKL, Siswa Farmasi dan Keperawatan SMK Kesehatan Purworejo Disumpah

PURWOREJO, Sebanyak 152 siswa kelas XI SMK Kesehatan Purworejo dari kompetensi keahlian farmasi dan keperawatan mengikuti kegiatan pengambilan sumpah PKL (Praktek Kerja Lapangan).

Kegiatan dilaksanakan di Gedung KPRI Kamis (14/3). Pengambilan sumpah ditandai dengan pernyataan sumpah dan penyematan lencana pratikan oleh Kepala SMK Kesehatan Purworejo Nuryadin, S.Sos, M.Pd.

Kepala SMK Kesehatan Purworejo Nuryadin, S.Sos, M.Pd mengatakan, pengambilan sumpah PKL merupakan kegiatan rutin di SMK Kesehatan menjelang para siswa melaksanakan praktek kerja lapangan selama tiga bulan di 21 Puskesmas dan 11 apotik pada gelombang pertama dan ditambah Rumah Sakit pada gelombang kedua. Masing-masing gelombang selama 1,5 bulan.

“Kegiatan rutin tahunan ini bagian dari kesungguhan dan keseriusan pihak sekolah dalam menyiapkan para siswa terjun di lapangan,”kata Nuryadin.

Dijelaskan, profesi farmasi dan keperawatan erat kaitannya dengan manusia yang mempunyai resiko cukup tinggi sehingga harus disiapkan secara seksama dan sungguh-sungguh-sungguh.

“Sebelum terjun PKL para siswa juga sudah dibekali dengan kegiatan diklat selama 4 hari serta mengikuti ujian kelayakan dan hasilnya cukup memuaskan,”jelasnya.

Tujuan dari pengambilan sumpah tersebut, lanjut Nuryadin, agar nantinya dalam melaksanakan PKL para siswa bersungguh-sungguh karena profesi farmasi dan keperawatan bukan main-main dan berat resikonya.

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut pihak sekolah sengaja menghadirkan orangtua siswa untuk dukungan doa sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban sekolah terhadap wali siswa.

Selain itu juga mengundang para Kepala Puskesmas, direktur Rumah Sakit dan Apotek tempat para siswa nantinya melaksanakan PKL.

Nuryadin berpesan agar nantinya selama PKL para siswa bisa menjaga nama baik pribadi, keluarga dan almamater dengan cara tertib beribadah, tertib belajar, tertib berorganisasi, anggun akhlaknya, unggul intelektualnya, simpatik, menarik, tenang dan meyakinkan. (W5)

Tinggalkan Balasan