Agar Siswa Miliki KIA, Disdukcapil Akan Jemput Bola ke 55 SMP/MTs Swasta

PURWOREJO, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purworejo berencana melakukan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) secara massal. Caranya, Disdukcapil akan jemput bola di sekolah-sekolah, baik Sekolah Dasar maupun Sekolah Lanjutan Pertama/MTs swasta se Kabupaten Purworejo.

Kasi Identitas Penduduk pada Disdukcapil Kabupaten Purworejo, Dra Umi Kulsum menjelaskan, langkah pertama yang akan dilakukan yaitu melakukan koordinasi dengan para kepala sekolah. Selanjutnya Dinas secara bertahap berkunjung ke sekolah-sekolah untuk mengambil data anak.

“Tahap pertama yang akan dikunjungi yaitu 55 SMP/MTs swasta, diawali pada awal Juli mendatang dan diperkirakan selesai akhir Agustus 2019,”jelas Umi Kulsum, di ruang kerjanya, Kamis (13/6) seraya menjelaskan, untuk siswa SMP/MTs negeri telah dilakukan beberapa bulan lalu.

Setelah selesai jemput bola di SMP/MTs swasta, direncanakan akan dilanjutkan dengan mengunjungi SD/MI baik negeri maupun swasta. Tahap pertama akan dikinjungi 100 SD/MI dari 525 SD/MI yang ada di Purworejo. Kegiatan jemput bola pembuatan KIA itu direncanakan selesai Desember mendatang.
“Selebihnya akan dilaksanakan pada 2020,”jelasnya.

Menurut Umi Kulsum, saat ini blangko KIA memang masih tersedia, tapi jumlahnya tidak mencukupi untuk menyasar semua wajib KIA, 204.555 anak usia 0-17 tahun kurang sehari. Untuk menyelesaikan kekurangan pihaknya sudah mengusulkan tambahan anggaran di APBD perubahan.
“Saat ini yang sudah pegang KIA sebanyak 108.694 anak dan yang belum punya 95.861 anak,”tambahnya.

Kepemilikan KIA bagi anak usia 0-17 tahun kurang sehari diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No 2 Tahun 2016. Keberadaan KIA sangat penting sebagai dokumen kependudukan karena fungsinya sama dengan KTP bagi orang dewasa. (Nas)

Tinggalkan Balasan