Agar Bisa Nyoblos, 50 Penguni Rutan Purworejo Lakukan Perekaman e-KTP

PURWOREJO, Sebanyak 50 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Purworejo terdiri atas 47 pria dan 3 wanita mengikuti proses perekaman e-KTP, Kamis (17/1).

Kepala Rutan Purworejo Lukman Agung Widodo, S.Kom, MH mengatakan kegiatan perekaman e-KTP bagi warga binaan dalam rangka untuk menentukan daftar pemilih tetap dalam pesta demokrasi bulan April 2019 mendatang.

Dituturkan, sebenarnya jumlah warga binaan di Rutan Purworejo sebanyak 113 orang. Namun karena sebelumnya pernah dilakukan perekaman maka kali ini yang mengikuti hanya 50 orang.

“Dulu pernah dilakukan perekaman, namun karena sudah ada yang bebas maka kita lakukan lagi biar data lebih valid,”tutur Lukman.

Lanjut Lukman, selain perekaman e-KTP, pihaknya juga sudah meminta kepada KPU dan Bawaslu untuk diadakan sosialisasi.

“Tapi karena KPU dan Bawaslu belum siap alat peraganya maka belum bisa dilaksanakan. Kalau mereka sudah siap secepatnya akan dilakukan sosialisasi,”ucap Lukman.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo Dr Ahmad Kasinu, M.Pd mengatakan, perekaman e-KTP di Rutan Purworejo bagian dari program jemput bola.

“Rekam e-KTP sangat dibutuhkan. Karena ini kaitannya dengan data kependudukan data pemilih. Tanpa memiliki e-KTP atau surat keterangan pengganti KTP maka yang bersangkutan tidak akan memiliki hak pilih,”kata Kasinu.

Disebutkan, saat ini masih sekitar 3.000 warga yang belum melakukan rekam data. Untuk mengatasi hal tersebut pihaknya akan terus melakukan jemput bola. Bahkan hari Minggu tetap melayani rekam cetak e-KTP melalui kegiatan Car Free Day.

“Kendala perekaman data karena yang bersangkutan saat didatangi sedang berada di luar daerah,”ujar Kasinu. (W5)

Tinggalkan Balasan