41 Kepala Desa Tandatangani Perjanjian Kerjasama Penerapan Aplikasi SIAK Relasi

BUTUH, Sebanyak 41 kepala desa di Kecamatan Butuh menandatangani naskah Perjanjian Kerjasama (PKS) penerapan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Relasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purworejo, di aula Kecamatan Butuh, Kamis (26/9).

Usai menandatangani naskah PKS, para kepala desa menerima bimbingan teknis tentang penggunaan aplikasi SIAK Relasi. Sehingga nantinya tiap desa dapat memproses pemutakhiran data kependudukan.

Selain itu juga dapat melayani pembuatan akta kelahiran, akta kematian, dan menyusun profil data desa. Hal itu akan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Purworejo, Dr Akhmad Kasinu, M.Pd yang diwakili Sekretaris Dinas, Lilos Anggorowati, menjelaskan, dewasa ini perkembangan teknologi informasi semakin maju, sehingga harus diikuti dengan pelayanan yang maju pula.

“Saat ini semua urusan dilakukan secara online. Oleh karena itu pemerintah desa juga harus bisa mengikuti perkembangan itu dengan pelayanan secara online. Masyarakat juga harus bisa mengikutinya,”tandas Lilos.

Dijelaskan, penerapan aplikasi SIAK Relasi bertujuan untuk memutakhirkan data kependudukan desa, serta terbangunnya data base yang mutakhir. Sehingga akan menghasilkan data kependudukan yang akurat dan akuntable.

“Pemutakhiran data sangat penting, karena data kependudukan bersifat dinamis. Tiap detik bisa terjadi perubahan,”pungkasnya. (Nas)

Tinggalkan Balasan