4 Warga Terserang DBD, 225 Rumah di Perum Pagak Indah Difoging

BANYUURIP, Sebanyak 225 rumah di Perumahan Pagak Indah, Desa Sumbersari, Kecamatan Banyuurip, dilakukan pengasapan atau foging untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD), Minggu (25/2) pagi. Foging dilakukan menyusul ditemukannya 4 penderita DBD di kompleks perumahan tersebut.

Pengasapan dilakukan oleh sejumlah petugas, dibantu warga setempat. Foging dilakukan hampir di semua rumah untuk memberantas jentik-jentik nyamuk aedes aegypti yang membawa virus dengue.

Kepala Desa Sumbersari, Sugeng Raharja didampingi Ketua RW 10 Abas Aw menjelaskan, setelah ada warga yang terkena DBD, warga perumahan dan didukung sejumlah perangakat desa setempat bersepakat untuk mendatangkan petugas Dinas Kesehatan untuk melakukan foging.

Pengasapan atau foging di Perumahan Pagak Indah dilakukan di RW 10 meliputi 10 RT. Warga juga beramai-ramai menguras bak mandi dan membersihkan lingkungan.

Sugeng Raharja juga perpesan kepada warga perumahan agar tidak membuang sampah sembarangan. Juga tidak membiarkan air menggenang dan menimbun kaleng-kaleng bekas, agar tidak dihuni oleh jentik jentik nyamuk.

Kasi Penanggulangan Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, Triyo Darmaji yang dihubungi menjelaskan, pihaknya menerjunkan petugas untuk melakukan foging setelah mendapat laporan adanya 4 orang penderita DBD dan 2 orang panas.

“Juga sekitar penderita banyak yang positif jentik,”pungkasnya. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *