325 Orang Lolos Seleksi CPNS Kabupaten Purworejo, 4 Formasi Tak Terisi

PURWOREJO, Sebanyak 325 peserta tes CPNS Kabupaten Purworejo formasi tahun 2019 dinyatakan lolos berdasar hasil Seleksi Kompentensi Bidang (SKB) yang diadakan tanggal 17-19 September 2020. Pengumuman hasil seleksi telah diunggah di laman BKN tanggal 30 Oktober lalu.

Ditemui di ruang kerjanya, Senin (2/11), Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Purworejo drg Nancy Megawati Hadisusilo, MM menyebut, untuk Kabupaten Purworejo, dari 883 peserta yang mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), sebanyak 325 orang diantaranya dinyatakan lulus.

“Sebenarnya untuk kuota Kabupaten Purworejo ada 329, tapi ada empat formasi yang tidak terpenuhi,” ucapnya.

Keempat formasi itu yakni dua untuk formasi Satpol PP, sisanya yakni BKD dan Dinkominfo. Untuk Satpol PP, lanjut Nancy, ada dua yang sejak Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Magelang sudah dinyatakan tidak lulus. Adapun formasi BKD dan Kominfo dari awal seleksi memang tidak ada yang mendaftar.

Khusus untuk Satpol PP, kata Nancy, sebenarnya ada 10 orang yang mendaftar untuk posisi polisi PP dari formasi yang dibutuhkan sebanyak 9 orang. Hanya saja, dua orang dinyatakan tidak lulus saat SKD dan satu orang lainnya tidak lulus SKB.

Nancy menyebut, BKN memberikan masa sanggah dari tanggal 1 hingga 3 November. Setelah itu proses selanjutnya yakni pemberkasan hingga tanggal 15 Novenber. “Pemberkasan berupa isian daftar riwayat hidup terkini yang dilakukan secara digital,” ucap dokter gigi itu.

Nancy berharap Surat Keputusan (SK) pegawai sudah bisa diterbitkan pada bulan Desember.

“Saya berharap mudah-mudahan setelah pengumuman, pemberkasan bisa berjalan lancar sehinga di awal tahun bisa langsung bekerja untuk memajukan Kabupaten Purworejo,” harapnya.

Tak hanya itu, Nancy pun mengungkapkan, loyalitas ASN yang posisinya saat ini full sebagai PNS, diuji dengan adanya Peraturan BKN Nomor 14 tahun 2018 tentang Pengadaan PNS yang menyebutkan bahwa PNS selama jangka waktu 10 tahun bersedia tidak dimutasi ke luar daerah.

Selaku Kepala BKD Nancy berpesan kepada CPNS yang sebagian besar adalah kaum milenial agar mereka menunjukkan kinerja yang bagus sehingga bisa menjadi Smart ASN sesuai dengan yang digaungkan oleh pemerintah di era serba digital saat ini.

Meski belum memenuhi semua kebutuhan yang diinginkan di Kabupaten Purworejo, tapi Nancy berkeyakinan pada saatnya nanti kebutuhan itu akan terpenuhi. “Mudah-mudahan tahun 2021 nanti (ada rekrutmen lagi),” pungkasnya. (Dia)

Tinggalkan Balasan