250 Rumah di Wironatan Tergenang Banjir, Wabup Perintahkan Siaga

PURWOREJO, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH menyerahkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir di Dukuh Gebangrejo, Desa Wironatan, Kecamatan Butuh pada Minggu siang (13/12). Bantuan diserahkan di posko banjir dan diterima oleh Kepala Desa Wironatan, Karjito dengan disaksikan oleh Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardani dan Camat Butuh Ickbal Nugroho.

Menurut Wakil Bupati, bantuan yang diberikan berupa sembako yang berasal dari Polres, BPBD, PMI serta berasal dari pribadi dirinya sebagai bentuk simpati pada warga yang membutuhkan bantuan. Selain sembako, wakil bupati juga telah menginstruksikan untuk membuka layanan dapur umum dan posko kesehatan.

“Saya sudah instruksikan kepada camat maupun instansi terkait untuk selalu siaga,” ucap Yuli Hastuti.

Wabup Yuli Hastuti serahkan bantuan

Kepala Desa Wironatan Karjito menjelaskan, banjir kali ini merendam 250 rumah warga yang berada di RW 01.

“Paling parah di RT 3 dan 4. Tapi alhamdulillah hanya dua rumah yang anggota keluarganya terpaksa mengungsi di rumah saudaranya,” ucapnya.

Selain merendam ratusan rumah, banjir juga merendam area sawah seluas 15 hektare. Disebutkan, banjir terjadi akibat hujan yang mengguyur selama berjam-jam pada Jumat malam. Pagi harinya yakni mulai subuh air mulai masuk ke rumah warga.

BPBD kirim perahu karet ke lokasi banjir

Tapi karena sudah menjadi langganan banjir, warga tetap bertahan di rumah hingga Minggu siang.

Seperti dituturkan salah satu warga, Sadikin (51), begitu air mulai masuk ke rumahnya pada Minggu dini hari, bersama istri dan dua anaknya, Sadikin langsung membuat semacam panggung di dalam rumah untuk tempat tidur.

Hingga Minggu siang ketinggian air di RT 3 masih cukup tinggi yakni mencapai 1/2 meter terutama pada akses jalan menuju rumah warga yang terletak di dalam jalan atau gang. Hal itu mengakibatkan kendaraan baik mobil maupun motor tidak bisa masuk ke jalan ini tersebut. (Dia)

Tinggalkan Balasan