18 Pengrajin Ikuti Pelatihan Pembuatan Disain Batik di UMP

PURWOREJO, Sebanyak 18 pengrajin batik yang tergabung dalam Koperasi Batik Adipurwo Purworejo mengikuti pelatihan pembuatan desain batik yang diselenggarakan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) Sabtu (3/11).
Pelatihan menghadirkan Suharjito, M.Sn dari Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik Tenaga Pendidikan (P4TK) Seni Budaya Yogyakarta.
Ketua Tim Pengabdian Masyarakat UMP S. Eko Saputro didampingi Dosen UMP sekaligus Kepala Program Studi Hukum Agus Budi Santoso menjelaskan, pelatihan bertujuan agar para pengrajin batik memiliki bekal dasar-dasar disain batik. Sekaligus nantinya untuk mengembangkan disain batik yang berciri khas Purworejo.
“Pelatihan ini juga dalam rangka menyongsong lomba disain batik khas Purworejo, “kata S. Eko Saputro di sela kegiatan, Sabtu (3/11).
Dijelaskan, dalam pelatihan sehari tersebut ditargetkan menghasilkan produk desain khas Purworejo dari para peserta. “Mereka kan perwakilan dari tiap kecamatan, nah mereka bisa memunculkan makanan atau hasil bumi di masing-masing kecamatan, “jelas Eko Saputro.
Disebutkan, diharapkan setelah mengikuti pelatihan tersebut para peserta bisa mengembangkan batik khas Purworejo baik dari sisi disain maupun pewarnaan.
“Pengabdian masyarakat ini kan bertahap. Kita bantu alat, bahan, kain, koperasi. Sekarang kita bantu dsainnya dan ke depan bantu pemasarannya, “ucap Eko Saputro. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *