Banjir di Wingko Sanggrahan, 200 KK Terisolir

NGOMBOL, Banjir yang di wilayah Purworejo tidak hanya terjadi di Kecamatan Pituruh, tapi juga di beberapa desa di Kecamatan Ngombol. Seperti di Desa Wingko Sanggrahan, Wingko Harjo, dan Wingko Sigromulyo. Namun paling parah terjadi di Wingko Sanggrahan.

Hingga Rabu siang (10/2), banjir mengisolasi sekitar 200 kepala keluarga yang rumahnya terendam air di desa Wingko Sanggrahan. Namun sejauh ini tidak ada warga yang diungsikan.

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Purworejo Iman Tjiptadi menyebutkan, banjir disebabkan meluapnya Sungai Deres dan Cluwek yang berada di desa Wingko Sanggrahan.

“Tinggi air bervariasi antara 30 cm hingga satu meter,” ujarnya.

Bupati Purworejo Agus Bastian dan paguyuban Muda Ganesha turun ke lokasi

Pihaknya pun sudah melakukan evakuasi terhadap warga yang rumahnya terendam banjir. Bantuan logistik pun berdatangan, tidak hanya dari pemerintah setempat, tapi juga dari para donatur.

Termasuk dari alumni SMAN 1 Purworejo yang menyumbang kebutuhan air bersih warga berupa ratusan botol air mineral. Selain itu mereka juga menyumbang ratusan nasi bungkus untuk warga dan juga petugas.

Bupati Purworejo Agus Bastian pun langsung turun ke lapangan dan meninjau kondisi banjir serta para warga terdampak. Dirinya juga memberikan arahan kepada camat dan petugas yang berada di sana.

Diharapkan agar para pengungsi dapat ditangani dengan baik dan banjir dapat segera surut. (Dia)

One comment

  1. banjir di daerah wingko – harjo, jurutengah, sanggrahan, sigromulyo, mulyo dan wingko tinumouk SETIAP TAHUN nyaris terjadi khususnya wingko sanggrahan, winggo mulyo dan wingko juru tengan. Ini sudah berlangsung sejak tahaun 1970 an, nyaris sepanjang 50 tahun. Penyebab utama adalah TIDAK PERNAH ada normalisasi kali (sungai) yang mmbelah desa wingko sanggrahan. Percayalah tanpa ada tindakan nyata untuk me normalisasi kali tersebut (lupa nama sungainya), banjir tahunan rutin ini akan SELALU terjadi. Pemkan Purworejo abai sekali ttg hal ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *